Tips Ajaib Menghadapi Ujian Nasional

2 hari lagi ujian nasional tingkat SMA dimulai. Samar-samar, terdengar jeritan para siswa yang berharap kalo semua ini cuma mimpi. Sebenernya lucu juga sih gimana kita udah susah payah sekolah selama 3 tahun, ngerelain beberapa final liga champions buat ga ditonton karena besoknya harus sekolah, eh ditentuin cuma dalam 3 hari aja. Di pertengahan 2009, gue juga mengalami momen ini. Dan yang lebih kampretnya, sehari sebelum ujian dimulai, gue malah sukses kena demam gitu aja lho. Iya, gue sakit. Jadilah keesokan harinya disaat yang lain sibuk menghapal ulang kisi-kisi soal yang dikasih guru, gue malah terkapar di meja sambil sesekali membenturkan kepala ke meja saking pusingnya. Sekilas kalo diliat, gue malah kayak babi hutan yang depresi karena abis diputusin pacarnya. Tragis…

Tapi untungnya, gue berhasil lulus dengan nilai yang memuaskan. Mungkin komputer yang mengecek lembar jawaban gue mengalami kerusakan kronis yang membuat nilai gue jadi seperti itu padahal sewaktu ngerjain, gue malah asik ngitung kancing buat nentuin jawaban yang benar. Nah, karena gue udah cukup berpengalaman dalam menghadapi ujian nasional, kemarin sewaktu lagi ngobrol ga jelas di chat room WeChat, gue ngasih beberapa tips buat Christo, temen satu gereja, yang bakal ujian minggu depan. Dia masih kelas 3 SMP sih sebenernya, tapi gue ga yakin. Secara tampang dia tuh kayak anak yang udah kelas 9 gitu.

……

Ada yang aneh ga sih sama kalimat barusan? Oke, abaikan!

Dan ini dia beberapa tips yang gue kasih ke dia tadi malam. Beberapa diantaranya ada yang gue tambahkan supaya yang lain juga bisa mengikuti tips “keramat” ini. Cekidot:

1). Pastikan kalo yang akan kamu hitamkan itu lembar jawaban. Bukan muka pengawasnya.

2). Walaupun kita dituntut buat menyelesaikan soal tepat pada waktunya, kita harus tetap sopan kepada lembar jawaban. Pikirkan gimana perasaan dia yang udah dihitamkan dengan semena-mena tanpa persetujuannya terlebih dahulu. Nah, untuk menjaga citra kesopanan, coba tanya baik-baik ke lembar jawabannya sebelum kamu mengerjakan: “Selamat pagi, gimana tidurnya semalem? Nyenyak? Bagus deh. Boleh saya menghitamkan kamu sekarang?”.

3). Mau aman pas ngerjain UN? Gampang. Dekati pengawasnya, trus bisikan mantra ini di kupingnya berulang-ulang: “Nina bobo ohh nina bobo. Kalo tidak bobo digigit nyamuk”.

4). Kalau nama kamu berhuruf depan “A”, segera ganti namamu beberapa hari sebelum UN dimulai. Percayalah, duduk di depan pengawas itu semacam kiamat kecil. Coba ganti nama menjadi “Xudarwanto”. (Siapapun diantara kalian yang benar-benar bernama “Xudarwanto”, ampuni gue. Tolong jangan hukum gue dengan memaksa gue menikah dengan Aura Kasih. Tapi kalo ngotot, ya apa boleh buat. Aku bisa apa~)

5). Bosen ga sih pas UN tiap tahun suasananya selalu sepi gitu? Coba deh usul ke pengawasnya supaya ngerjain UN-nya di tengah Dufan biar seru. Oh, bakar ban bekas juga boleh tuh kalo mau makin rame.

6). Kalau ketauan nyontek, tenang, jangan panik. Segera buat si pengawas lupa sama kejadian barusan dengan mengajaknya ngobrol ringan seperti: “Saya denger-denger, Korea Utara mau nembak Amerika pake nuklir ya, Pak? Bingung ga sih kenapa nembaknya itu harus pake nuklir? Kenapa engga pake bunga sama cokelat aja? Kan romantis. Ya siapa tau mereka jodoh~”

7). Dehidrasi bisa membuat kamu jadi sulit berpikir. Coba gali sumur di tengah-tengah ruangan buat jaga-jaga kalo kamu haus & ga boleh bawa botol minum sama pengawasnya.

8). Pengawasnya bertampang killer dan ga bisa duduk diam di tempatnya? Tenang. Coba lemparkan daging mentah keluar kelas. Siapa tau dia tertarik buat mengejarnya.

9). Untuk meminimalisir resiko ketauan sama pengawas, sewaktu kita mau nyontek, suruh teman kita untuk menuliskan jawabannya di selembar kertas. Masukan lembar jawaban tadi ke dalam botol dan hanyutkan ke laut. Percayalah, cara ini ga bakal ketauan sama pengawas.

10). Ada kemungkinan sewaktu ngerjain UN, salah satu temen yang kamu andalin buat minta contekan bakal kesurupan karena saking stressnya dimintain contekan padahal dia sendiri belum selesai ngerjain. Kalo ini terjadi, tenang, jangan panik, jangan pipis sembarangan. Dekati teman kamu yang lagi kesurupan kemudian bilang: “Keluar dari badan dia atau mau gue jodohin sama bapak pengawas ruangan? Asal tau aja, bau keteknya lebih ganas daripada tumpukan sampah di Bantar Gebang!”

11). Dan yang paling penting dalam mengerjakan UN adalah: Jangan lupa pake celana. Kamu ga mau kan temen-temen kamu jadi ga konsen ngerjain UN gara-gara sibuk muntah karena ngeliatin kamu?

trust

Sekian dan terima catering~

Foto diambil dari sini. Terima kasih.🙂

3 thoughts on “Tips Ajaib Menghadapi Ujian Nasional

  1. Gue nambah 1 tips lg y..,jd jgn lupa bw tisu 3 lusin.tisu ini buat ngelap keringat ato ingus agr ga terkena lembar jawaban.nah,kl ada teman yg butuh tisu,pasang kertas brtuliskan,”harga tisu 1 pcs 10ribu”,jd bkan hnya bs usaha sampingan dirumah aja,tp bs disaat ujian.

  2. izhounk says:

    no 4. Walau nma gw berawalan huruf “J” tp entah kenapa dari gw SD, trus SMP sampe SMA, kalo UN pasti gw duduk di bangku paling depan, d samping pintu masuk berhadapan sama pengawas.
    Sekedar mengingatkan. Jgn coba2 ngasih nama JUNI sama anak² lo nanti, karna kalo anak lo ikut UN pasti slalu duduk di depan.. Hahahaa

Leave a Reply

