Apalah arti sebuah nama (tsahh~)

whats-my-name.jpg

Buat sebagian orang, mungkin “Nama” itu cuma dianggap sebagai hal yang sepele dan pelengkap dari sebuah/ seseorang supaya lebih mudah memanggilnya. Contohnya William Shakespeare. Dulu dia pernah ngomong gini : “Apalah arti sebuah nama. Bunga mawar jika diganti namanya pasti akan tetap harum baunya”. Gue pribadi sangat” tidak setuju dengan pernyataan dia. Coba deh lu pikir, gimana kalo misalkan nama Mawar itu kita ganti jadi “Bom”. Misalnya gini, gue baru aja beliin bunga mawar buat cewek gue, trus abis itu gue nelpon ke dia dan ngomong : “Sayang, aku baru aja naroh Bom di depan rumah kamu. Love u emuach emuach deh ahh.” (berasa ada yang aneh ga sih sama kalimat ini?). Yang ada bukannya tambah sayang, malah dia bakal nelpon balik dan marah marah ke gue : “Kamu udah gila ya? Ngapain naro bom di depan rumah aku? NGAPAAIIN? HAH??!! ARGHH!!, AKU ANAK SIAPA? TAHUN BERAPA INI? KAPAN AKU BISA DAPET ARISANNYA”. Abis itu dia langsung nelpon tim gegana ke rumahnya, abis itu banyak wartawan dirumahnya gitu, dan akhir dari cerita diatas : gue bakalan di eksekusi mati dengan cara dikelitikin banci se Taman Lawang selama 4 jam nonstop tanpa jeda sedikitpun. Ekstreme abis..

Itu juga yang terjadi sama gue. Gue terlahir dengan nama “Agus Wahyu Eka Chandra” (yang sering banget disingkat sama temen sebangku gue dulu, Bobby jadi Agus WE. C. Berasa jamban umum berjalan. -___- ). Gue yakin banget, bokap gue pasti punya alasan yang kuat kenapa dia sampe ngasih nama kaya gini ke anaknya yang ganteng dan rupawan ini (huekz!). Yang gue tahu, Agus itu adalah nama yang lumayan banyak dipake sama orang Jawa (FYI, bokap gue orang jawa). Contohnya, Agus Salim (Pahlawan Kemerdekaan), Agus Supriyono (Tukang siomay langganan gue.) & Agus Gumelar (itu mah Agum Gumelar, nyet!) dan Wahyu itu asalnya dari bahasa Arab yang artinya “Memberi Inspirasi” (Sumpah, ini bukannya gue ngasal. Tapi dapet dari Wikipedia. Jadi kalo mau demo, ke dia aja langsung ya). Gara” nama yg pasaran gini, gue kadang suka deg-deg an kalo lagi jalan bareng orang yang namanya Agus juga. Takut aja kalo misalkan ada Polisi dateng lengkap dengan kumis kebesarannya dan nanyain kita secara mendadak “Yang mana diantara kalian yang bernama saudara Agus?”. Trus kita semua nunjuk tangan secara brutal saking kagetnya dan akhirnya polisinya langsung nembak mati gue karena bingung mau nangkep yang mana. Gilaa, ga keren banget kan matinya? Masa gue mesti mati cuma gara² polisi kebingungan gini? Apa kata guru TK gue coba kalo tahu anak didiknya berakhir dengan cara yang memalukan gitu??!! (iya, emang ga nyambung). Tapi beneran loh, nama Agus itu udah jadi legend banget deh kayanya di Indonesia. Sampe² banyak banget orang yang make nama itu. Di gereja gue aja kalo ga salah ada 3 orang termasuk gue yang namanya Agus. Belom temen² gue di luar gereja. Ada yang namanya Agus Wijaya, Agus Sugianto, Agus Mandala, sampe ada yang namanya cuma “Agus” (ga pake doang) karena mungkin orang tuanya males nyariin nama panjang panjang buat dia. YA TUHAANNN!! Kenapa dunia gue dipenuhi dengan nama “Agus”? Kenapa tidak Kau penuhkan saja dengan nama seperti Aura Kasih, Yuanita Christiani atau Joanna Alexandra? <~(udah ngasal, sok ganteng pula).

Gue inget banget, pas MOS jaman SMP dulu, ada salah satu Senior yang salah nyebut nama gue gara” absen yang dia pegang itu ga jelas tulisannya. Dan lu tahu nama gue dipanggil apa sama dia? Nama gue berubah jadi Anus Wahyu eka Chandra. In case, lu engga “ngeh” barusan gue nulis apa, gue ulang lagi : Anus Wahyu Eka Chandra, A.N.U.S a.k.a bagian paling belakang dari suatu organisme yang digunakan buat boker. Kurang kampret apa coba??!! *nangis sambil shampoan*. Derita gue memakai nama pasaran itu berlanjut pas salah satu operator telepon seluler di Indonesia ngeluarin salah 1 iklan fenomenalnya dulu. Pasti kalian tahu deh gimana iklannya. Jadi ada 1 orang cowok yang kelihatannya bahagia banget lagi nelpon temennya dan langsung ngomong dengan segenap hati (dan jigongnya) : “HALOO!! AGUS IKI. HO OH, IKI AGUSS!!” (kira” kaya gitu deh pokoknya). Gara” iklan ini, gue jadi bahan ledekan 1 sekolah pas SMA dulu. Tiap kali ada yang ketemu, mereka pasti nyapa gue dengan tagline diatas “Halo, Agus Iki!!”. Saking fenomenalnya sebutan ini (tsahh~), sampe” guru bahasa inggris gue waktu itu, Miss Aida juga ikut”an manggil gue dengan sebutan itu tiap kali nyuruh gue nyelesaiin soal. Berikut cuplikannya :

Miss Aida : anybody can explain what’s the meaning of “No Smoking?”

Kelas : *hening*

Ms. Aida : Agus Iki!!, coba kamu jelasin artinya “No Smoking”

Gue : Umm… Itu.. Anu… No smoking is.. Is.. Is Dji sam soe, Gudang garam and Star mild, Mis.

Ms. Aida : …

Oke, ga gitu juga sih kejadiannya. Hehehe. Kalo misalkan ada yang nanya, gue marah engga sih dipanggil kaya gitu? Gue pasti jawab enggak! Gue tau kok, mereka manggil kaya gitu tuh supaya dapet perhatian dari gue doang kan? Supaya bisa cerita ke temen temennya, kalo dia abis ngobrol sama 1 makhluk ganteng berwujud gue ini? Hahahaha. Ga ngaruh! Jangan harap gue mau bales sapaan cupu kaya gitu! Kecuali… Kecuali… Kalo ada yang manggil gue sambil nyodorin kwetiau goreng sepiring (gampang amat?). Huehehehe.

Tapi biar gimanapun juga, gue tetep bangga kok punya nama kaya gini. Bersyukur sama Tuhan, orang tua gue itu bukan Melly Goeslaw. Kalo engga, bisa” nama gue sekarang jadi “Anakku Lelaki Hoed”. Aneh banget ya? Tapi ini beneran loh nama anaknya dia. Gue ga bisa ngebayangin deh gimana kalo misalkan gue punya nama kaya gitu. Bisa” gue langsung di rekrut buat jadi bintang iklan minuman berenergi lagi. Hahahahaha. Waktu ikut program PKL (praktek kerja lapangan) yang diadain sekolah dulu juga gue pernah ketemu sama orang yang namanya “Kliwir”. Hal pertama yang terlintas diotak gue waktu ngedenger nama itu adalah : Ngakak setengah mati. Hal kedua yang terlintas : Orang tuanya dapet inspirasi darimana ya sampe ngasih nama ke dia seunik itu? Huehehehehe. Dan yang jadi masalahnya sekarang adalah : “Kalo gue bangga sama nama gue sendiri, ngapain juga ya gue capek” nulis sampe sepanjang ini?” *gubrakk~*

24 thoughts on “Apalah arti sebuah nama (tsahh~)

  1. NardaKismoVIII says:

    keduaaaxx GOS AGOS.. haha
    ehh betewe temen sebangku gue namanya juga AGOS lo , sayang gigi nya tonggos A.K.A. MAJU..😀 haha:mrgreen:

    HALO AGUS AGOS .. AGOS SENG DODOL SIOMAY KAE LO.. HO OH AGOOSSS

  2. Irfan handi says:

    Kliwir itu lho bro. Wakakakakaa… Ok lah bro. Met bersiap2 menyambut hari kemenangan. Minal aidin walfaizin.

  3. hmmmm,
    Mungkin setelah muncul postingan ini, nama Agus akan lbh booming dan ngalahin nama Udin..
    Hmmmm,, who knows…

    Btw, singkatan WE. C keren kok..
    Kenapa gak di pake aja..
    Hahahahahah..
    *terbang begitu saja*

Leave a Reply

